Implementasi Manajemen
Strategis
Cara atau jalan dimana para perencana strategi menentukan sasaran dan mengambil keputusan
·
Analyzing the environment.
·
Planning direction.
·
Planning strategy.
·
Implementing strategy.
Tahapan Perencanaan Strategis :
·
Menetapkan misi dan tujuan perusahaan
·
Meneliti ancaman dan peluang
·
Meneliti kekuatan dan kelemahan
·
Mempertimbangkan alternatif strategi
·
Memilih strategi
·
Implementasi strategi
·
Evaluasi strategi
PERUMUSAN STRATEGI
·
Merumuskan misi perusahaan, meliputi rumusan umum tentang maksud keberadaan
(purpose), filosofi (philosophy), dan tujuan (goal).
·
Mengembangkan profil perusahaan yang mencerminkan kondisi intern dan
kapabilitasnya.
·
Menilai lingkungan ekstern perusahaan, meliputi baik pesaing maupun
faktor-faktor kontekstual umum.
·
Menganalisis opsi perusahaan dengan mencocokkan sumber dayanya dengan lingkungan
ekstern.
·
Mengidentifikasi opsi yang paling dikehendaki dengan mengevaluasi setiap
opsi yang ada berdasarkan misi perusahaan.
·
Memilih seperangkat sasaran jangka panjang dan strategi umum (grand
strategy) yang akan mencapai pilihan yang paling dikehendaki.
·
Mengembangkan sasaran tahunan dan strategi jangka pendek yang sesuai dengan
sasaran jangka panjang dan strategi umum yang dipilih.
·
Mengimplementasikan pilihan strategik dengan mengalokasikan sumber daya
anggaran yang menekankan pada kesesuaian antara tugas, SDM, Struktur,
teknologi, dan sistem imbalan.
·
Mengevaluasi keberhasilan proses strategik sebagai masukan bagi pengambilan
keputusan yang akan datang.
·
Corporate Strategy
Merupakan strategi perusahaan yang dikhususkan pada beragam bisnis atau sekumpulan bisnis.
Business Strategy
Atau strategi kompetitif karena selain sebagai wujud strategi perusahaan dengan lini bisnis tunggal, juga berhubungan dengan produk atau jasa di pasar.
Functional Strategy
Merupakan strategi yang berkaitan dengan intrepretasi peran dari fungsi atau departemen dalam menerapkan strategi bisnis atau strategi corporate.
Operating Strategy
Merupakan strategi yang bersifat lebih terbatas, yaitu pada tingkatan unit operasional dan untuk menangani tugas operasional harian dari strategi, sehingga lebih bersifat berkelanjutan.
KUNCI KEBERHASILAN
Strategic Thinking : creative, entrepreneurial insight into the ways the enterprise could develop.
Strategic Planning : systematic, comprehensive analysis to develop a plan of action.
Opportunistic Decision Making : effective reaction to unexpected threats and opportunities.
Corporate Strategy
Merupakan strategi perusahaan yang dikhususkan pada beragam bisnis atau sekumpulan bisnis.
Business Strategy
Atau strategi kompetitif karena selain sebagai wujud strategi perusahaan dengan lini bisnis tunggal, juga berhubungan dengan produk atau jasa di pasar.
Functional Strategy
Merupakan strategi yang berkaitan dengan intrepretasi peran dari fungsi atau departemen dalam menerapkan strategi bisnis atau strategi corporate.
Operating Strategy
Merupakan strategi yang bersifat lebih terbatas, yaitu pada tingkatan unit operasional dan untuk menangani tugas operasional harian dari strategi, sehingga lebih bersifat berkelanjutan.
KUNCI KEBERHASILAN
Strategic Thinking : creative, entrepreneurial insight into the ways the enterprise could develop.
Strategic Planning : systematic, comprehensive analysis to develop a plan of action.
Opportunistic Decision Making : effective reaction to unexpected threats and opportunities.
EmoticonEmoticon