Mengapa Strategi SI Perlu Dibuat?
· Sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas sehingga perlu
dioptimalkan.
· Untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan, karena para
kompetitor memiliki sumber daya teknologi yang sama.
· Untuk memastikan bahwa asset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara
langsung maupun tidak langsung meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik
berupa peningkatan pendapatan atau revenue maupun pengurangan biaya-biaya atau
costs.
· Untuk mencegah terjadinya kelebihan investasi (over investment) atau
kekurangan investasi (under investment) di bidang teknologi informasi.
· Untuk menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan dan dikembangkan
benar-benar menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi.
Unsur-unsur Dalam Strategi SI
1.
Sistem Informasi : jenis-jenis informasi apa saja
yang dibutuhkan oleh perusahaan dan hal-hal yang berkaitan dengannya (kecepatan
proses pengolahan data menjadi informasi, tingkatan detil informasi, cara
menampilkan informasi, volume dan transaksi informasi, penangung jawab
informasi, dan lain sebagainya).
2.
Teknologi Informasi : komponen-komponen
perangkat keras (komputer, infrastruktur, alat komunikasi, dll.) dan perangkat
lunak (aplikasi, sistem operasi, database, dll.) yang harus tersedia untuk
menghasilkan sistem informasi yang telah didefinisikan.
3.
Manajemen Informasi : perangkat manusia
(brainware) yang akan mengimplementasikan sistem informasi yang dibangun dan
mengembangkan teknologi informasi sejalan dengan perkembangan perusahaan di
masa mendatang.
Penyusunan Strategi SI Hendaknya
Memperhatikan :
·
Business Strategy
·
Business Trends
·
Competitor Analysis
·
IT/IS Trends
·
Existing IT/IS
Keunggulan Strategis Bisnis Berbasis TI
·
Find out more about customer requirements.
·
Monitor customer perceptions of service.
·
Enable rapid and accurate response to customer queries.
·
Provide a range of delivery options to meet customer needs.
·
Reduce new product introduction lead times.
·
Enable knowledge sharing across the organization to facilitate innovation.
Kunci Sukses Bisnis Berbasis TI
1.
Identifying the target market, and developing a unique base of information
about the selected market and its needs.
2.
Establishing a specialist process via systems to produce a clear cost
advantage or distinctive customer value proposition vis-a`-vis general market
servers.
3.
Linking the organization via systems into the business processes of
customers to increase switching costs and establish potential barriers to
re-entry from general market servers.
Aspek Penting Dalam Penyusunan Strategi
·
Natural selection stipulates that organizations that
use high-payoff strategies have competitive advantages over those using
low-payoff strategies.
·
Imitation describes how organizations mimic the
practices of successful peers in their industry.
·
Reinforcement is concerned with how organizations
monitor their own behaviors and favor the strategies that resulted in high
payoffs in the past.
·
Best reply is the behavior where in organizations
formulate their strategies based on what they expect their competitors will do.
Mengapa Strategi SI Perlu Dibuat?
· Sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas sehingga perlu
dioptimalkan.
· Untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan, karena para
kompetitor memiliki sumber daya teknologi yang sama.
· Untuk memastikan bahwa asset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara
langsung maupun tidak langsung meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik
berupa peningkatan pendapatan atau revenue maupun pengurangan biaya-biaya atau
costs.
· Untuk mencegah terjadinya kelebihan investasi (over investment) atau
kekurangan investasi (under investment) di bidang teknologi informasi.
· Untuk menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan dan dikembangkan
benar-benar menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi.
Unsur-unsur Dalam Strategi SI
1.
Sistem Informasi : jenis-jenis informasi apa saja
yang dibutuhkan oleh perusahaan dan hal-hal yang berkaitan dengannya (kecepatan
proses pengolahan data menjadi informasi, tingkatan detil informasi, cara
menampilkan informasi, volume dan transaksi informasi, penangung jawab
informasi, dan lain sebagainya).
2.
Teknologi Informasi : komponen-komponen
perangkat keras (komputer, infrastruktur, alat komunikasi, dll.) dan perangkat
lunak (aplikasi, sistem operasi, database, dll.) yang harus tersedia untuk
menghasilkan sistem informasi yang telah didefinisikan.
3.
Manajemen Informasi : perangkat manusia
(brainware) yang akan mengimplementasikan sistem informasi yang dibangun dan
mengembangkan teknologi informasi sejalan dengan perkembangan perusahaan di
masa mendatang.
Penyusunan Strategi SI Hendaknya
Memperhatikan :
·
Business Strategy
·
Business Trends
·
Competitor Analysis
·
IT/IS Trends
·
Existing IT/IS
Keunggulan Strategis Bisnis Berbasis TI
·
Find out more about customer requirements.
·
Monitor customer perceptions of service.
·
Enable rapid and accurate response to customer queries.
·
Provide a range of delivery options to meet customer needs.
·
Reduce new product introduction lead times.
·
Enable knowledge sharing across the organization to facilitate innovation.
Kunci Sukses Bisnis Berbasis TI
1.
Identifying the target market, and developing a unique base of information
about the selected market and its needs.
2.
Establishing a specialist process via systems to produce a clear cost
advantage or distinctive customer value proposition vis-a`-vis general market
servers.
3.
Linking the organization via systems into the business processes of
customers to increase switching costs and establish potential barriers to
re-entry from general market servers.
Aspek Penting Dalam Penyusunan Strategi
·
Natural selection stipulates that organizations that
use high-payoff strategies have competitive advantages over those using
low-payoff strategies.
·
Imitation describes how organizations mimic the
practices of successful peers in their industry.
·
Reinforcement is concerned with how organizations
monitor their own behaviors and favor the strategies that resulted in high
payoffs in the past.
·
Best reply is the behavior where in organizations
formulate their strategies based on what they expect their competitors will do.
EmoticonEmoticon