Materi III : Perencanaan Strategis Sistem Informasi



Mengapa Strategi SI Perlu Dibuat?
·  Sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas sehingga perlu dioptimalkan.
·  Untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan, karena para kompetitor memiliki sumber          daya teknologi yang sama.
·  Untuk memastikan bahwa asset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak    langsung meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik berupa peningkatan pendapatan atau revenue      maupun pengurangan biaya-biaya atau costs.
·  Untuk mencegah terjadinya kelebihan investasi (over investment) atau kekurangan investasi (under          investment) di bidang teknologi informasi.
·  Untuk menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan dan dikembangkan benar-benar                menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi.



Unsur-unsur Dalam Strategi SI

1.             Sistem Informasi : jenis-jenis informasi apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan dan hal-hal yang berkaitan dengannya (kecepatan proses pengolahan data menjadi informasi, tingkatan detil informasi, cara menampilkan informasi, volume dan transaksi informasi, penangung jawab informasi, dan lain sebagainya).
2.             Teknologi Informasi : komponen-komponen perangkat keras (komputer, infrastruktur, alat komunikasi, dll.) dan perangkat lunak (aplikasi, sistem operasi, database, dll.) yang harus tersedia untuk menghasilkan sistem informasi yang telah didefinisikan.
3.             Manajemen Informasi : perangkat manusia (brainware) yang akan mengimplementasikan sistem informasi yang dibangun dan mengembangkan teknologi informasi sejalan dengan perkembangan perusahaan di masa mendatang.



Penyusunan Strategi SI Hendaknya Memperhatikan :

·                     Business Strategy
·                     Business Trends
·                     Competitor Analysis
·                     IT/IS Trends
·                     Existing IT/IS



Keunggulan Strategis Bisnis Berbasis TI

·                     Find out more about customer requirements.
·                     Monitor customer perceptions of service.
·                     Enable rapid and accurate response to customer queries.
·                     Provide a range of delivery options to meet customer needs.
·                     Reduce new product introduction lead times.
·                     Enable knowledge sharing across the organization to facilitate innovation.



Kunci Sukses Bisnis Berbasis TI

1.             Identifying the target market, and developing a unique base of information about the selected market and its needs.
2.             Establishing a specialist process via systems to produce a clear cost advantage or distinctive customer value proposition vis-a`-vis general market servers.
3.             Linking the organization via systems into the business processes of customers to increase switching costs and establish potential barriers to re-entry from general market servers.



Aspek Penting Dalam Penyusunan Strategi

·                     Natural selection stipulates that organizations that use high-payoff strategies have competitive advantages over those using low-payoff strategies.
·                     Imitation describes how organizations mimic the practices of successful peers in their industry.
·                     Reinforcement is concerned with how organizations monitor their own behaviors and favor the strategies that resulted in high payoffs in the past.
·                     Best reply is the behavior where in organizations formulate their strategies based on what they expect their competitors will do.

Previous
Next Post »